Review of WMDDA 2013

Review of WMDDA 2013

Berhubung sudah mulai latihan dance lagi persiapan CSTD Contemporary Examination di bulan April mendatang, akhirnya ketemu lagi sama temen2 dan anak2 dari WiLD MiLD setelah terakhir kita showcase bareng di WiLD MiLD December Dance Act (WMDDA) 2013 Desember yang lalu. Seru dan berkesannya WMDDA kemarin juga masih terngiang dan terbayang hingga sekarang, dan kita pun kalau denger lagu2 yang kita pake di show kemarin juga masih kebayang gerakan2 koreonya dan heboh nya persiapan2 latihannya. Well, this writing is dedicated for WMDDA 2013 to review and write report about it, for me this event sure is one of my unforgettable experience in my life. :)

WiLD MiLD December Dance Act (WMDDA) adalah acara tahunan dari WiLD MiLD Dance School (WMDS) yang merupakan sebuah student showcase yang  sudah dimulai sejak WMDS terbentuk, yaitu di tahun 2011. Setiap tahun WMDDA membawa tema yang berbeda: "5 elements of nature" adalah tema WMDDA 2011, pada tahun 2012 WMDDA membawakan tema "Various Style of Dance", dan pada tahun 2013 kemarin WMDDA mengangkat tema "a chance to dance".

"Tema ini ditujukan untuk mengungkapkan setiap sisi tarian yang memiliki makna untuk membuka mata, telinga, dan hati penonton, untuk melihat warna tarian dan pesan yang disampaikan pada setiap nomor yang dibawakan. Setiap orang bisa menari, setiap orang bisa mengungkapkan isi hatinya dalam bentuk yang berbeda-beda. Inilah yang melandasi terciptanya ide 'a Chance to Dance'.  Karena bagi kami para penari, tidak lain dan tidak bukan, tarian merupakan sarana untuk mengungkapkan isi hati dan ekspresi jiwa yang kadang tidak bisa disampaikan melalui kata-kata saja." – jelas Via ketika ditanya tentang WMDDA 2013 (Project Director dari WMDDA 2013) 

WMDDA ini juga merupakan project yang dikerjakan internal dari WMDS, para murid dan guru bekerja bersama mulai dari persiapan teknis acara, latihan koreografi, penggalangan dana baik melaui proposal ke sponsor, donasi dari berbagai pihak, hingga mengumpulkan kertas bekas dan botol kosong untuk dijual kembali. Namun pada hari-H pelaksanaan WMDDA 2013, WMDS dibantu oleh para volunteer yang berasal dari kenalan dan teman-teman sebagai crew yang bertugas pada bagian teknis dan operasional, sehingga team WMDS dapat fokus dan menampilkan dance performance yang terbaik malam itu.

All Dancers for WMDDA 2013

.: All Dancers WMDDA 2013 :.

Terdapat 8 (delapan) nomor yang ditarikan pada WMDDA 2013 kali ini : 

1. Opening Act "Where it All Began"

Tarian pembuka ini menyampaikan pesan bahwa tarian bisa terbentuk dari sesuatu yang paling simple, yaitu tubuh kita sendiri. Terkadang hal-hal seperti inilah yang terlewat oleh orang-orang yang berpikir bahwa tarian itu sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Improvisasi dan eksplorasi gerak tubuh seseorang bisa menjadi sumber koreografi sebuah tarian. Inilah salah satu faktor utama yang melandasi Contemporary Dance. Keseluruhan gerakan pada koreografi ini adalah improvisasi dari para penarinya 

Opening Act WMDDA 2013

.: One of scene in Opening Act WMDDA 2013 :.

2. Youth Games

Bagian ini menggambarkan bahwa melalui tarian kita dapat mengekspresikan kenangan masa lalu, keceriaan dan kegembiraan yang dirasakan pada masa lalu. Terdapat pula bagian-bagian permainan yang dibawakan dengan gerakan tari seperti loncat tali dan petak umpet

3. All The Lost Souls

Tema ini menceritakan tentang orang-orang yang kurang beruntung dari segi materi, kesehatan dan status sosial, bagaimana perjuangan mereka menghadapi dunia dan orang-orang "normal" di sekitarnya

4. Pas de Deux

Ini merupakan bagian Ballet Partnering (duo) yang dibawakan oleh dua pasangan, menunjukkan keanggunan dari balerina dan elegan serta strength support dari danseur, bersama-sama mereka menghadirkan suatu pertunjukan yang manis

5. The Difable 

Keterbatasan dan cacat fisik tidak menjadi batasan untuk seseorang mengungkapkan perasaannya. Melalui gerak dan olah tubuh pun mereka dapat mengungkapkan apa yang ada di dalam hati dan perasaan mereka. Tarian ini dibawakan oleh empat orang yang menggambarkan kerterbatasan fisik: buta, tuli, cacat tangan dan kaki, yang bahkan dengan keterbatasan itu pula mereka tetap dapat saling membantu untuk hidup di dunia ini.

6. Workplace

Terkadang pekerjaan rutin sehari-hari dapat membuat stress yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata, namun tetap dapat diekspresikan melalui gerakan dan tarian. Dengan balutan style jazz dan broadway, bagian ini menyampaikan kondisi pekerjaan yang terkadang membuat tertekan namun bila diekspresikan dapat mengubah kondisi tersebut menjadi kegembiraan.

7. Stages of Love

Cinta tidak mengenal usia, dari masa muda, dewasa hingga sudah berkeluarga pun cinta tetap hadir dalam berbagai bentuk. Bagaimana cinta tersebut diungkapkan adalah momen-momen yang dapat disaksikan pada koreografi ini.

8. Closing Act "Last Chances"

Ini merupakan tarian yang sekaligus menutup rangkaian acara WMDDA 2013. Ditarikan oleh semua penari yang merupakan kompilasi dari berbagai style yang pernah dipelajari selama ini di WiLD MiLD Dance School

All Dances in WMDDA 2013

.: Dance Photo Compilation of WMDDA 2013 :.

Selain rangkaian koreografi yang memang disiapkan untuk WMDDA 2013, pada kesempatan kali ini juga ada beberapa bintang tamu yang turut memeriahkan acaranya, yaitu: The Afternoon Band, Solo gitaris "Cindy", tarian lucu dan enerjik dari WiLD MiLD Junior Jakarta, serta tarian solo surprise dari kepala sekolah WiLD MiLD, Inggrid.

Guest Performer WMDDA 2013

.: Guest performer at WMDDA 2013 :.

WMDDA 2013 ditutup dengan pembagian sertifikat dan award untuk para murid yang telah lulus program academic, kemudian keceriaan pun berlanjut dengan sesi foto bersama dan ramah tamah bersama semua pengunjung WMDDA 2013. Terlepas dari semua kekurangan dan hal teknis yang terjadi selama acara, tidak mengurangi keindahan yang dirasakan dari semua nomor pertunjukan yang ditampilkan.

awarding All Together for WMDDA 2013

.: Awarding and Photo Session at WMDDA 2013 :.

Semoga di tahun 2014 ini WiLD MiLD dapat menampilkan yang lebih heboh dan keren lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

line
footer
Powered by WordPress | Designed by Elegant Themes